Tips Memilih Dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan jenis produk asuransi secara khusus menjamin baaya kesehatan dan perawatan semua anggota asuransi. Apabila mereka sakit atau mengalami kecelakaan. Didalam asuransi ini ada dua penawaran, pertama adalah asuransi rawat inap atau in patient treatment, dan asuransi rawat jalan atau out patient treatment. Biasanya produk asuransi ini diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi umum, dan perusahaan asuransi jiwa.

Untuk penyelenggara asuransi untuk PNS. Biasanya di Indonesia diselenggarakan oleh PT Askes Indonesia, selain anggota PNS, untuk anak- anak mereka terjamin juga kesehatannya hingga umur 21 tahun, dan untuk suami atau istri juga dijamin seumur hidup.  Pemerintah juga menyediakan asuransi untuk masyarakat umum, untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah mendapatkan Jamkesmas, yang sudah dibiayai oleh dana APBN. Ada juga program Jamkesda dan Jamkesos.

Dengan adanya asuransi, maka akan mempermudah bagi orang yang sakit atau terkena kecelakaan dalam masalah biaya atau dana. Dana yang dikeluarkan akan lebih murah sehingga tidak perlu bingung jika anda sakit dan masuk rumah sakit. Berikut ini adalah manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari asuransi kesehatan :

Asuransi akan memberikan rasa aman dan ketenangan

Jika anda menggunakan asuransi kesehatan maka anda akan merasa aman dan tenang, karena jika anda sakit maka anda akan mendapatkan perawatan dari rumah skait tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Apalagi biaya rumah sakit merupakan salah satu dana besar yang dikeluarkan oleh setiap orang.

Lebih teratur dalam mengatur uang

Dengan adanya asuransi kesehatan maka anda akan lebih teliti terhadap pengeluaran yang ada, karena anda harus membayar sebagian uang anda untuk asuransi.

Tabungan untuk masa depan

Asuransi merupakan tabungan untuk masa depan, jika perjanjian pada asuransi sudah berakhir, dan masih ada nilai didalamnya maka akan dikembalikan lagi pada anda. sehingga anda secara tidak langsung menabung di asuransi.

Mendapatkan perawatan yang layak

Dengan menggunakan asuransi kesehatan maka anda bisa tenang untuk melakukan perawatan kesehatan. jika anda tidak menggunakan asuransi maka anda diharuskan membayar uang dengan jumlah yang sangat besar. Dan hal ini pastinya akan sangat merugikan anda, karena uang anda akan terpotong dalam jumlah besar pada waktu yang sangat singkat.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan didapat dari asuransi. Namun sebelum anda ikut asuransi kesehatan, ada beberapa cara atau tips mudah memilih asuransi kesehatan yang tepat . Tips yang harus dilakukan antara lain, pertama lihat dahulu track record perusahaan asuransi, pastikan bahwa track record dari perusahaan asuransi tersebut bagus dan dapat dipercaya, sehingga tidak ada kekhawatiran anda akan ditipu.

Kedua adalah bandingkan nilai premi, anda harus membandingkan nilai premi. Pilih nilai premi yang lebih tinggi sehingga anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih bagus. selanjutnya yang ketiga adalah memilih peserta yang kolektif. Penting diketahui bahwa asuransi terdiri dari asuransi individu dan kolektif. Jika anda memiliki dana yang terbatas. maka anda sebaiknya pilih asuransi kolektif saja, sehingga anda bisa membayar dengan biaya yang lebih murah.

Keempat, lihat dan pelajari pelayanan yang ada pada asuransi. Dengan mengetahui pelayanan dan fasilitas terbaik maka anda bisa mendapatkan asuransi yang dibutuhkan. Dengan tips diatas maka anda akan mendapatkan asuransi kesehatan dengan kualitas yang bagus, selain itu  pilih juga asuransi yang sering dijumpai di rumah sakit besar.

Tips Memilih Dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *