Tahapan Dan Proses Cara Pengklaiman Dalam Asuransi Kebakaran Yang Harus Anda Ketahui

Kebakaran merupakan salah satu hal yang bisa saja terjadi kapan saja dan tidak bisa kita prediksi sebelumya. Karena tidak bisa diprediksi itulah kita tidak bisa mempersiapkan hal terkait dampak yang ditimbulkannnya secara maksimal. Terlebih lagi jika yang terbakar adalah rumah hunian ataupun bangunan yang merupakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang banyak, tentu hal ini akan sangat menimbulkan masalah yang sangat kompleks.

Namun, saat ini anda tidak perlu khawatir dan gelisah lagi, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan asuransi kebakaran yang mana bisa menjamin keamanan bangunan and sekaligus memback up bangunan anda dalam bentuk biaya dan kerugian jika suatu saat telah terjadi kebakaran yang tentunya merugikan pihak terkait. Jika anda telah mendaftarkan dairi dan memulai mengangsur biaya premi asuransi anda telah perhak mendapatkan perlindungan dan hak klaim jika suatu saat terjadi kebakaran.

Lalu bagaimana tahapan ataupun proses pengklaiman dalam asuransi kebakaran jika suatu saat telah terjadi kebakaran di bangunan rumah atau di bangunan pabrik yang diasuransikan? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini untuk proses pengklaiman. Karena artikel ini akan membahas secara rinci bagaimana proses dan tahapan pengklaiman dalam asuransi kebakaran.

Tahapan atau prosesĀ  yang pertama kali anda lakukan saat telah terjadi kebakaran di bangunan yang sudah anda asuransikan adalah dengan memberikan informasi dan pemberitahuan kepada pihak perusahaan asuransi. Dalam pemberitahuannya anda bisa datang langsung memberitahu secara lisan ataukah dengan telepon ataupun surat berupa facsimile. Setalah memberi informasi tersebut, hal yang harus anda lakukan adalah dengan melaporkan kerugian yang didapat atas bencana kebakaran tersebut.

Anda bisa mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mengisi keterangan secara tertulis hal-hal yang anda ketahui mengenai kerusakan dan kerugian yang ada sebagai dampak dari bencana kebakaran tersebut. sebagai bukti, anda juga harus menyerahkan berbagai dokumen penting pendukung pengklaiaman anda seperti diantaranya adalah buku catatan pendukung, foto-foto mengenai barang-barang yang terbakar yang mengakibatkan kerugian, laporan cuaca dari BMKG, dan dokumen penting lainnya untuk pengklaiman.

Setelah adanya informasi pemberitahuan dan laporan kerugian dari nasbaha atu pengguna asuransi, pihak asuransi akan melakukan pengecekan apakah polis yang dipegang nasabah sah dan layak untuk diproses. Hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam hal ini adalah apakah pihak asuransi memiliki kepentingan atas bangunan atau obyek yang terbakar tersebut dan memiliki kewajiban untuk memback up semua kerugian yang di dapat, apakah kebakaran bangunan atau obyek tersebut juga terjadi dalam masa waktu pertanggungan, dan apakah premi telah dibayar dan dilunasi?

Hal inilah yang akan menentukan apakah kebakaran tersebut layak untuk diback up kerugiannya ataukah tidak. Pihak perusahaan asuransi biasanya melakukan penelitian juga terlebih dahulu tentang kebakaran tersebut, apakah penyebabnya, dimana tempatnya, berapa besaran kerugian yang diperoleh, berapa dana pa saja sisa bangunan ataupun obyek yang ada di dalamnya yang masih tersisa dan tidak ikut terbakar. Berdasarkan hasil survey tersebut, pihak asuransi akan akan memutuskan untuk menangani sendiri atau menyerahkan kepada loss adjuster yang ditunjuk oleh pihak asuransi dengan memberitahukannya kepada nasabah.

Jika rumit akan diserahkan ke loss adjuster namun jika tidak rumit dan biaya kerugiannya tidak besar, maka akan ditangani sendiri oleh pihak asuransi. Setalah itu, hasil yang diputuskan akan diberitahukan kepada nasabah, namun jika nasabah tidak sepakat dengan keputusan tersebut, maka nasabah berhak untuk menunjuk loss adjuster yang diinginkan sampai dengan titik kesepakatan. Setelah kedua belah pihak sepakat, maka akan diberikan pembayaran kerugian yang ditanggung pihak asuransi dalam waktu yang telah ditetapkan.

Itulah sedikit ulasan mengenai proses ataupun tahapan yang harus anda ketahui untuk melakukan pengklaiman dalam asuransi kebakaran. Semoga ulsan di atas bisa memberikan informasi dan pengetahuan untuk anda

Tahapan Dan Proses Cara Pengklaiman Dalam Asuransi Kebakaran Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *