Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Di zaman yang sudah modern ini, membuat kesadaran masyarakat terhadap kehidupan yang layak semakin tinggi. Mungkin karena teknologi yang berkembang, sehingga mereka bisa dengan mudah mengakses banyak informasi. Beberapa informasi yang diperoleh dengan mudab bisa membuka wawasan baru bagi banyak orang. Dan mereka tidak akan berfikiran sempit mengenai kehidupan ini. Bentuk kesadaran diri terhadap kehidupan yang layak adalah dengan mengikuti asuransi untuk menjamin kehidupannya kelak.

Ada banyak jenis asuransi yang ada di Indonesia dan telah diikuti oleh berjuta-juta masyarakat di Indonesia. Akan tetapi, kali ini akan membahas mengapa asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat penting dimiliki. Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu apa itu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Asuransi jiwa merupakan suatu perjanjian atau penanggungan terhadap situasi buruk yang terjadi dalam suatu individu maupun keluarga.

Apabila seseorang yang selama ini menjadi sumber nafkah dari suatu keluarga meninggal, maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan tunjangan dana yang cukup untuk memperbaiki dan melanjutkan kehidupan perekonomiannya. Karena mereka belum terbiasa tidak ada pemasukan data setelah seseorang yang menafkahinya meninggal dunia. Besar kemungkinan, keluarga tersebut bisa jatuh miskin. Maka, dengan menggunakan asuransi ini akan mengurangi resiko kemiskinan meskipun tetap harus tetap dengan usaha yang kuat dari pihak nasabah untuk bisa memperbaiki kehidupannya.

Kemudian, perlu mengetahui juga apa itu asuransi kesehatan. Asuransi eksehatan merupakan perjanjian yang dilakukan oleh pihak nasabah dan perusahaan asuransi dalam hal penanggungan di bidang kesehatan. Ada beberapa hal yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Dan itu semua tergantung berapa banyak biaya yang disetorkan oleh nasabah setiap bulannya. Serta, setiap perusahaan asuransi yang ada di Indonesia memiliki perbedaan syarat dan aturan yang berlaku. Tetapi, tetap akan berbadan hukum.

Sehingga perlindungannya sudah benar-benar sah dan bisa dipertanggungjawabkan apabila terjadi unsur penipuan. Menurut pengelolaan dana, asuransi kesehatan dibedakan menjadi 2. Asuransi yang dananya berasal dari pemerintah dan swasta. Ada kelebihan dan keuntungan tersendiri dari keduanya. Jika asuransi yang dananya berasal dari pemerintah, sistem keuangannya akan lebih terbuka. Sehingga semua orang bisa mengetahui dengan mudah. Tetapi, kekurangannya ada di pelayanan kesehatan.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa asuransi kesehatan yang berasal dari pemerintah terbilang kurang baik dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kemudian untuk asuransi yang berasal dari pihak swasta, pembayarannya mungkin akan lebih mahal dan sistem keuangannya sulit untuk diketahui. Akan tetapi jika dilihat dari segi pelayanan kesehatannya, asuransi yang berasal dari swasta akan jauh lebih baik dibandingkan dari pemerintah. Mungkin bari beberapa kelompok orang yang berasal dari perekonomian tinggi akan memilih asuransi yang sumber dananya dari swasta.

Hal diatas merupakan alasan penting mengapa seseorang sangat memerlukan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Meskipun setiap bulannya harus membayarkan biaya yang telah ditentukan, akan tetapi fasilitas yang diberikan juga setimpal dengan pembayarannya. Ada manfaat yang perlu diketahui ketika memiliki asuransi. Yang pertama adalah membuat seseorang atau keluarga menjadi lebih tenang.  Selain itu, mengurangi beban hidup yang akan dialami. Suatu peristiwa buruk pasti datang secara tiba-tiba. Dan kerugian yang besar pun juga seringkali datang secara tiba-tiba. Dengan adanya asuransi akan mengurangi kerugian yang sedang dialaminya. Meskipun terkadang tidak bisa menanggunh secara keseluruhan. Paling tidak mengurangi beban agar tidak terlalu berat untuk dihadapi.

 

Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *