pengertian manfaat dan resiko investasi saham

Dalam dunia bisnis pasti terdapat investasi saham. Saham adalah berupa surat sebagai bukti atau tanda kepemilikan seseorang atau badan pada suatu perusahaan, saham merupakan hal yang sangat berharga, dengan adanya saham maka perusahaan sebagian atau seluruh perusahaan dimiliki oleh orang tertentu. Jika anda melakukan investasi pada saham maka orang tersebut menjadi pemilik atau pemegang saham pada suatu perusahaan.

Orang yang menanam saham pada suatu perusahaan, maka sama halnya dengan menabung di bank. Ada beberapa pengertian saham menurut beberapa tokoh di Indonesia. Menurut Bambang Ryanto, saham adalah sebuah tanda bukti pengembalian bagian bagi peserta pada PT, saham tersebut akan tertanam pada perusahaan, untuk pemegang saham tidak permanen, sehingga saham bisa dijual secara bebas. Sedangkan pengertian saham menurut Sunariyah adalah merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berbentuk PT, pemilik saham adalah pemilik sebagian perusahaan.

Penting diketahui bahwa investasi saham terbagi menjadi beberapa jenis, jenis pertama adalah saham biasa, saham biasa adalah pemilik perusahaan asli, jika kondisi perusahaan buruk maka mereka tidak akan mendapatkan keuntungan, dan jika perusahaan bangkrut maka saham biasa memperoleh hak pembagian kekayaan setelah semua kewajiban perusahaan sudah dilunasi.

Jika kondisi perusahaan bagus maka mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.  Untuk pemegang saham ini memiliki hak suara yang banyak, serta dapat menentukan kebijakan perusahaan. jenis saham kedua adalah saham Preferen, merupakan saham yang mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran dividen.

Saham Preferen ini memiliki ciri, memiliki prioritas lebih tinggi dibanding dengan saham biasa, bisa juga ditukar menjadi saham biasa, namun tidak memiliki hak suara, dapat mempengaruhi manajemen perusahaan contohnya dalam pencalonan pengurus, memiliki kesempatan atau kemungkinan dapat memperoleh tambahan dari laba perusahaan dan masih banyak lagi ciri lainnya.

Berikut ini adalah manfaat dari investasi saham di PT atau sebuah perusahaan :

Capital gain

capital gain

Orang yang melakukan investasi saham bisa menikmati capital gain, capital gain merupakan keuntungan yang akan didapat jika awalnya saham berharga lebih rendah dan jika dijual lagi akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Capital gain ini keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham dan harga beli saham.

Dividen

dividen

Merupakan keuntungan perusahaan yang dibagi untuk para investor. Divide nada dua macam, pertama dividen tunai, pembagian keuntungan dalam bentuk tunai. Dan deviden saham, yaitu pembagian keuntungan dalam bentuk saham perusahaan.

Saham bonus

saham-bonus

Saham bonus merupakan saham yang diambil dari agio saham, yang mana merupakan selisih antara harga jual saham dengan nominal perusahaan awal pasar pada penawaran umum.

Selain mengetahui keuntungan yang akan didapat, seorang investor saham juga harus tahu kerugian apa saja yang bisa saja ditanggung oleh investor, antara lain Capital Loss, dimana tidak setiap saat investor akan mendapatkan keuntungan aats saham yang dijualnya. Selain itu kerugian lainnya adalah perusahaan bangkrut dan dilikuidasi, dimana investor pastinya mendapatkan kerugian yang besar, mereka akan mendapatkan saham sisa dari perusahaan yang sudah menanggung jawabkan.

Selanjutnya adalah saham di delist dari bursa, jika saham dikeluarkan dari list bursa saham akibat dari kinerja yang buruk dari perusahaan, maka akan mendapatkan ekrugian yang cukup besar. Selanjutnya adalah saham suspend, dimana saham ditangguhkan dan diberhentikan oleh otoritas perdagangan bursa. Dengan adanya penjelasan diatas maka untuk anda yang ingin menjadi investor pada sebuah PT harus dipikir dengan hati- hati.

Pengertian, Manfaat, Dan Resiko Investasi Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *