Macam-macam Asuransi Yang Dipakai Di Indonesia

Kebanyakan orang indonesia memilih untuk menggunakan asauransi karena tidak ingin mengambil risiko tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari. Meskipun asuransi merupakan sarana untuk menunjang atau mengantisipasi hal yang tidak terduga di masa mendatang.

Perlu anda ketahui bahwa asuransi bukanlah termasuk dalam investasi. Sebenarnya asuransi tidak perlu digunakan ketika anda mempunyai keyakinan bahwa tidak akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang akan terjadi. Kendati demikian, tipe-tipe orang tentu berbeda. Orang indonesia biasanya akan menggunakan asuransi untuk beberapa kebutuhan.

Beberapa macam – macam asuransi yang dipakai di indonesia ialah sebagai berikut :

  1. Asuransi Kendaraan Mobil

Seiring berkembangnya teknologi, orang yang memiliki kendaraan roda empat atau mobil juga semakin banyak. Hal ini terbukti dengan banyaknya mobil yang berada di jalan raya dimana seringkali menimbulkan kemaceta. Asuransi mobil merupakan asuransi yang seringkali digunakan oleh masyarakat indonesia. Para tertanggung yang mengambil asuransi mobil ini tidak ingin mengambil risiko jika suatu saat nanti ada yang menimpa pada mobilnya, entah itu kehilangan atau kerusakan.

  1. Asuransi Jiwa

Sala satu asuransi yang juga diminati oleh orang indonesia ialah asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini sering dihubungkan dengan warisan. Karena produk asuransi jiwa ini akan tetap bermanfaat, sekalipun pemilik asuransi tersebut sudah meninggal dunia. Oleh karenanya tidak sedikit orang yang mengambil produk ini karena mempunyai anggapan bahwa dia tidak perlu kuatir dengan keturunan yang akan ditinggalkannya.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi ini juga tidak kalah larisnya dengan asuransi jiwa dan asuransi mbil. Karena asuransi kesehatan digunakan untuk mengantisipasi jika nanti terjadi ada penyakit yang menimpa pada tertanggung. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, pihak tertanggung sudah tidak memikirkan biaya yang akan dibayarkan karena sudah tanggungan dari pihak penanggung. Tipe asuransi kesehatan biasanya diberikan kartu kesehatan yang bisa anda gunakan ketika berobat.

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan produk asuransi yang sedang dalam perkembangan dan mulai banyak dicari oleh masyarakat indonesia. Hal ini juga dikarenakan banyaknya orang yang melakukan perjalan dan tidak ingin menanggung risiko ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama perjalanan tersebut. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pihak tertanggung dengan produk asuransi perjalanan ialah ganti rugi atas abgasi yang hilang, penggantian biaya atas keterlambatan jadwal terbang dan terjaminnya biaya kesehatan apabila pihak tertanggung mengalami sakit ketika dalam perjalanan.

  1. Asuransi Rumah

Asuransi rumah juga menjadi pilihan orang indonesia untuk menhindari risiko yang terjadi suatu saat nanti dengan rumah tersebut. Orang yang mengikuti asuransi rumah ini juga bisa digunakan untuk kantor, ruko, gudang dan bangunan lainnya. Dengan asuransi rumah, pihak tertanggung akan mendapatkan ganti rugi atas sesuatu yang akan terjadi dengan rumah tersebut.

  1. Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan meliputi asuransi untuk cacat total atau kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan. Tipe asuransi jenis ini jarang digunakan oleh orang indonesia, karena produk ini hampir sama dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

  1. Asuransi Pendidikan

Beberapa tahun terakhir ini, asuransi pendidikan mulai terkenal di kalangan masyarakat indonesia. orang yang menggunakan produk asuransi ini biasanya pasangan muda yang baru saja melaksanakan pernikahan. Hal ini dikarenakan mereka mulai menyadari tentang pentingnya pendidikan anak dan betapa mahalnya biaya untuk menyekolahkan anak. Dengan menggunakan asuransi pendidikan, diharapkan anak tersebut bisa terus sekolah anpa harus memikirkan biaya yang dibayarkan.

Macam-macam Asuransi Yang Dipakai Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *