Macam-Macam Asuransi di Indonesia

Macam-macam asuransi sebagai  lembaga keuangan yang sudah tidak baru lagi, saat ini sudah banyak dan mudah ditemukan di setiap sudut wilayah di Indonesia. Dengan menjunjung integritas pelayanan kepada nasabahnya, perusahaan jasa tersebut saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan. Nasabah sebagai konsumennya pun juga tidak sedikit.

Dengan adanya berbagai macam jenis asuransi yang disediakan oleh tiap perusahaan jasa tersebut, membuat tiap individu sebagai konsumen ingin ikut menikmati tiap jaminan resiko asuransi yang ada. Bahkan hal itu juga terjadi pada setiap lapisan masyarakat, sehingga semakin membuat perusahaan jasa asuransi semakin menjamur di tengah masyarakat.

Macam dan jenis asuransi tersebut akan dibahas dalam kesempatan kali ini untuk anda yang belum tahu mengenai perbedaan jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia, agar anda tidak salah memilih produk jaminan dari perusahaan asuransi.

Pengelompokkan jenis asuransi, biasanya dibedakan dari jenis penanggungan resiko yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jenis asuransi tersebut antara lain adalah asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, kepemilikan rumah dan properti, pendidikan, bisnis, asuransi umum, asuransi kredit, asuransi kelautan, dan asuransi perjalanan.

Selain beberapa jenis di atas mungkin masih ada jenis yang lain yang bisa ditemukan di Indonesia. Dari semua macam tersebut, semuanya bersifat penting. Namun pada kesempatan ini akan dibahas beberapa yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Macam-macam asuransi yang sering digunakan di Indonesia

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang satu ini memang sudah menjadi kebutuhan paling utama bagi setiap lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Dengan mengikuti asuransi kesehatan, seorang nasabah dapat mengklaim biaya atas segala macam proses penyembuhan dari penyakit atau biaya atas perawatannya. Kesehatan memang menjadi kebutuhan yang kadang tidak terduga. Seseorang yang sehat bisa saja dalam beberapa saat mengalami kecelakaan atau terkena penyakit tertentu di mana biaya penyembuhannya tidak lah sedikit. Dengan mengikuti asuransi ini, nasabah tidak perlu lagi khawatir atas biaya yang harus ditanggung ketika sedang sakit.

  • Asuransi Kepemilikan Properti

Dinilai sebagai barang berharga, seseorang biasanya akan mengikuti asuransi kepemilikan rumah dan properti untuk melindungi asetnya yang bernilai cukup banyak tersebut. Ketika seseorang memiliki aset seperti rumah atau bangunan serta barang-barang di dalamnya, ia dapat memberikan perlindungan pada aset tersebut agar bisa melindunginya dari segala macam kecelakaan yang bisa menyebabkan hilang atau rusaknya suatu aset. Misalnya ketika terjadi kebakaran atau pencurian. Dengan mengikuti asuransi ini, seseorang bisa menjadi lebih tenang ketika terjadi musibah yang bisa menyebabkan kerugian atas asetnya tersebut.

  • Asuransi Pendidikan

Jika diamati, kita dapat melihat bahwa nilai tukar rupiah dari waktu ke waktu pasti akan semakin melemah. Meskipun kita tidak bisa memprediksi apakah di masa mendatang akan melemah atau membaik. Yang pasti, kita dapat melihat pada beberapa puluh tahun yang lalu, nilai tukar rupiah atas dollar Amerika tidak serendah saat ini, di mana hal itu membuat harga-harga produk menjadi semakin tinggi. Hal ini tentu akan membuat biaya pendidikan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, orang tua bisa mengikuti asuransi pendidikan untuk menjaminkan biaya pendidikan anaknya di masa mendatang. Dimana hal itu akan lebih meringankan beban dari orang tua untuk membayar pendidikan yang tinggi.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis-jenis asuransi di Indonesia. Anda dapat mencoba mengikuti asuransi di atas dengan membayar premi sesuai tingkat penanggungan yang didapatkan. Semoga bermanfaat.

Macam-Macam Asuransi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *