Beberapa Prinsip Dasar Asuransi

Asuransi saat ini memang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat. Bahkan, asuransi juga telah manjadi hal yang utama di dalam kehidupan. Sebelumnya, adakah yang belum mengetahui apa itu asuransi?  Asuransi artinya pertanggungan. Maka, asuransi adalah suatu perjanjian san pertanggungan antara seorang nasabah ataupun kelompok nasabah dengan perusahaan asuramsi yang menanggung. Pihak perusahaan akan menanggung kerugian yang dialami oleh nasabah dengan beberapa aturan dan syarat tertentu. Biasanya, para nasabah akan melakukan pembayaran secara rutin untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Lalu, apa manfaat seseorang mendaftarkan dirinya ke pihak perusahaan asuransi? Manfaat yang pertama adalah membuat seseorang lebih merasa tenang.

Contohnya adalah asuransi jiwa. Sebuah keluarga atau individu yang memiliki asuransi jiwa apabila seseorang yang selama ini menafkahinya meninggal dunia, maka akan mendapatkan tunjangan biaya dari pihak ekonomi. Karena jika dalam keluarga kehilangan orang yang menafkahinya setiap hari, sudah bisa dipastikan perekonomiannya akan mengalami penurunan secara drastis. Ada beberapa dari mereka yang bahkan sampai kelaparan yang berkepanjangan. Sudah banyak keluarga yang mengalami hal tersebut. Namun, dengan adanya asuransi, hal yang buruk bisa ditanggulangi dengan baik.

Contoh yang kedua adalah asuransi kesehatan untuk kelangsungan hidup. Setiap orang pasti akan menderita sakit. Sakit yang tergolong berat maupun ringan. Dan ketika seseorang sakit kemudian ingin ke dokter, pasti hal yang pertama di pikirkan adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk prisak ke dokter. Dengan adanya asuransi kesehatan, mereka tidak perlu lagi memikirkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan jika ingin memeriksakan dirinya ke dokter. Sebelum adanya asuransi kesehatan, masyarakat lebih memikih mengkonsumsi obat yang dijual bebas dibandingkan harus pergi ke dokter dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Beberapa prinsip dasar asuransi yang harus perlu anda ketahui

Ada beberapa prinsip asuransi yang perlu diketahui. Prinsip yang pertama adalah setiap nasabah dan pihak perusahaan asuransi kesehatan memiliki hak mengasuransikan yang berhubungan dengan keuangan. Nasabah akan melakukan penyetoran uang ke perusahaan berdasarkan berjanjian yang sudah dilakukan di awal pendaftaran. Kemudian yang kedua adalah pihak nasabah dan perusahaan harus memberikan informasi secara lengkap dan akurat. Apalun kondisinya harus diceritakan secara jujur.

Tidak ada yang boleh disembunyikan jika ingin bergabung dengan asuransi kesehatan ini. Beberapa informasi mengenai diri sendiri maupun kelompok pun harus terbukti kebenarannya. Semua hal atau keterangan yang diberikan, pihak nasabah harus bisa mempertanggungjawabkannya. Kemudian, apabila nasabah ingin mengambil uang yang ada di pihak asuransi sebelum ia mengalami kerugian akan ada kompensasi bagi nasabah. Pada dasarnya, dibentuknya asuransi ini untuk bisa memberikan keuntungan dan perlindungan yang besar bagi masyarakat.

Indonesia kini telah memiliki banyak perusahaan asuransi yang siap untuk melayani masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya. Bahkan, ada pula berbagai jenis asuransi yang bisa dipilih sesuao dengan kebutuhannya. Namun, yang paling pokok dan semua dianjurkan untuk memiliki adalah asuransi kesehatan. Karena ini sangatlah membantu untuk meningkatkan mutu kesehatan yang ada di lingkungan masyarakat.

Sayangnya, adanya asuransi ini belum sampai di beberapa daerah yang terpencil. Apabila asuransi sudah ada di daerah tersebut pun, beberapa fasilitasnya tidak akan diperoleh dengan maksimal. Rumah sakit yang ada di daerah terpencil belum cukup memenuhi kriteria yang seharusnya. Ini menjadi tugas yang cukup penting bagi pemerintah. Agar mereka juga bisa berkembang dalam hal kesehatan dan yang lainnya.

Beberapa Prinsip Dasar Asuransi
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *