Alasan Mengapa Asuransi Kendaraan Itu Penting

Masyarakat pasti sudah tidak asing lagi mengenal kata asuransi. Di seluruh Indonesia pun masyarakatnya sudah dianjurkan untuk memiliki asuransi. Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengerti apa itu asuransi. Asuransi merupakan suatu perjanjian antara seseorang atau naabah dengan perusahaan asuransi. Tentu saja dalam melakukan perjanjian aka nada beberapa syarat dan aturan yang berlaku. Bagi anda pengguna asuransi, sebelum menandatangani ataupun melakukan persetujuan dengan pihak perusahaan akan lebih baik mengerti dengan jelas apa isi dari perjanjian dan yarat aturan yang berlaku selama berlangsungnya perjanjian tersebut.

Salah satu isi perjanjian tersebut mengenai berapa jumlah uang yang disetor, berapa jumah uang tanggungan, dan resiko atau peritiwa  apa yang mendapatkan tanggungan ari pihak perusahaan. Seberapa besar jumlah uang yang dibayarkan, akan sangat mempengaruhi jumlah uang tanggungan dan kejadian buruk yang akan ditanggung oleh perusahaan. Sebelum menyetujuinya, hal ini harus sangat diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang akan berdampak buruk bagi nasabah maupun perusahaan itu sendiri.

Baik nasaah maupun perusahaan harus melakukan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Aturan yang berlaku pun tidak ada yang boleh dilanggar. Karena setiap perusahaan asuransi kini kebanyakan sudah berbadan hukum. Maka , baik nasabah maupun pemilik perusahaan bisa melaporkan apabila terjadi penyalahgunaan asuransi atau pelanggaran aturan yang dianggap berat. Asalkan harus ada bukti yang sangat jelas.

Di Indonesia, terdapat banyak jenis asuransi. Salah satunya adalah adalah asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan merupakan adanya perjanjian antara pemilik kendaraan dengan perusahaan. Apabila kendaraan yang dimilikinya mengalami kerusakan atau yang lainnya, maka pihak asuransi akan menanggungnya. Namun, untuk berapa banyak yang akan ditanggung itu semua tergantung bagaimana perjanjian awal dan berapa pembayaran asuransi yang telah didaftarkan.  Ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih oleh nasabah sesuka hatinya.

Jenis asuransi kendaraan yang pertama adalah asurani gabungan. Pada asuransi gabungan ini, setiap kendaraan nasabah yang mengalami kerugian karena kecelakaan besar maupun kecil akan ditanggung biayanya oleh pihak perusahaan. Selain itu, beberapa perlengkapan kendaraan yang hilang akibat pemaksaan maka akan ditanggung juga oleh pihak asuransi. Apabila kendaraan tersebut hilang, pihak dari asuransi juga akan menanggungnya. Namun, dengan adanya fasilitas ini maka akan sangat berpengaruh terhadap banyaknya uang yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Kemudian jenis asuransi kendaraan yang kedua adalah asuransi kerugian total. Apabila kendaraan nasabah mengalami kecelakaan hingga kerusakannya 75% . Maka, ini kerusakan ini akan ditanggung oleh pihak asuransi. Selain itu, ada pula perlindungan hukum terhadap piha-pihak yang menggunakan kendaraan yang teah terdaftar di perusahaan asuransi.

Asuransi perusahaan ini sangat disarankan bagi orang yang menyediakan penyewaan atau jasa sewa mobil. Karena setiap kendaraan yang disewakan kpada oranglain memiliki resik yang besar terhadap kecelakaan bahkan sampai hilang. Dengan penggunakan asuransi, dapat mengurangi tingkat kerugian yang besar ketik resiko-resiko buruk itu terjadi. Sudah banyak orang yang mengalami kehilangan mobil yang disewakan meskipun sudah terpaang GPS.  Selain jasa sewa kendaraan, asuransi ini juga sangat dianjurkan bagi para penyedia jasa kursus berkendara. Karena orang yang sedang belajar akan memiliki kemungkinan besar terjadinya kecelakaan. Apabila tidak ada suransi, dan kendaraan tersebut terus menerus mengalami kerusakan pastinya bisa membawa kerugian.  Ini sudah banyak dialami oleh beberapa orang yang tidak menggunakan asuransi kendaraan dalam bisnisnya.

Alasan Mengapa Asuransi Kendaraan Itu Penting
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *